"Aku tinggalkan kepada kalian dua perkara yang kalian tidak akan tersesat selamanya selama berpegang teguh dengan keduanya, Kitabullah dan Sunnah" (HR. Malik)

Nasihat

oleh: admin

Nasihat, itulah kata yang sering menghiasai aneka buletin, majalah, situs, buku-buku, ceramah-ceramah, khutbah-khutbah, milis-milis ataupun forum-forum diskusi dunia maya. Nasihat orang tua kepada kita, demikian sebaliknya nasihat kita kepada mereka. Nasihat suami kepada istri sebagaimana nasihat istri kepada suami ketika keduanya  saling mengingatkan untuk berhati-hati terhadap keburukan yang akan menimpa bahtera rumah tangga mereka.

Nasihat kita terhadap anak-anak kita untuk disiplin waktu, jujur, belajar, shalat berjama’ah, tahfidz, iqro, membantu orang tua dan masih seabreg lagi pekerjaan rumah kita untuk mereka ketika anak-anak masih senang membuat kita ‘kewalahan’, sebaliknya pun jika kita telah lanjut usia, mereka akan sedikit banyak menasihati kita ketika kealpaan dan ‘kewalahan’ diri kita lebih banyak memenuhi hari-hari tua kita…dimana mereka lebih fresh dengan segala keilmuannya hasil yang kita tanam berpuluh tahun sebelumnya.

Jadi alangkah sedihnya jika tak satupun nasihat terdengar dalam satu hari saja di kehidupan kita ini dari siapapun datangnya…waspadalah jika anda merasa tidak butuh nasihat baik besar maupun kecil. Dan berbahagialah dengan nasihat yang anda terima sekalipun kecil apalagi nasihat yang besar yang datang bertubi-tubi jika untuk kebaikan anda dan agama ini. Ambilah dan dengarkanlah dengan hati nurani, timbanglah dengan timbangan syariat agama ini jangan dengan timbangan untung ruginya perusahaan yang hanya akan dijalankan jika anda ingin diaudit…persiapkanlah pada sidang audit mahsyar kelak dimana semua catatan adalah autentik, terbuka dengan sendirinya dan bebas dari manipulasi akal dan logika.

mari kita saling nasihat menasihati dalam kebaikan dan kesabaran. Sebagaimana Allah telah menurunkan suatu surat yang berkata Imam As-Syafi’i ketika berpendapat tentang surat itu: “Sekiranya Allah tidak menurunkan hujjah atas mahluk-Nya kecuali hanya dengan surat ini, maka sungguh itu telah mencukupi”. (Kitab Tsalatsatu al-Utsul, Syaikh Utsaimin rahimahullah). Ya dialah surat Al-Ashr…Demi Waktu.

Maka..tebarkanlah nasihat kepada orang-orang yang anda cintai dan kasihi dan kepada seluruh kaum muslimin dimana saja. Jangan pernah berhitung apalagi berhenti. Allah lah yang mengetahui apa yang kita perbuat dan bertawakallah dengan apa yang telah kita kerjakan. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: