"Aku tinggalkan kepada kalian dua perkara yang kalian tidak akan tersesat selamanya selama berpegang teguh dengan keduanya, Kitabullah dan Sunnah" (HR. Malik)

oleh: Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah

Bagian: Diantara Jalan Ahlu Sunnah Wal Jama’ah adalah Mengikuti Jejak Rasulullah SAW Secara Lahir dan Batin.

Diantara jalan ahlu sunnah wal jama’ah adalah mengikuti jejak Rasulullah SAW secara lahir dan batin dan mengkuti jalan orang-orang terdahulu lagi yang pertama-tama dari golongan Muhajirin dan Anshor dan mengikuti wasiat Rasulullah saw ketika beliau bersabda: “Wajib atas kalian berpegang teguh dengan sunnahku dan sunnah khulafaurrasyidin yang diberi petunjuk, sepeninggalanku. Peganglah erat-erat sunnah itu dan gigitlah dengan geraham kalian dan waspadalah dengan perkara-perkara baru dalam agama dan setiap perkara baru itu adalah bid’ah dan setiap bid’ah itu sesat”.[1]

Dan mereka mengetahui bahwa sebaik-baik perkataan adalah kalamullah dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dan mereka menjalankan perintah kalamullah di atas perkataan selainnya dari sekelompok manusia serta mereka mendahulukan petunjuk Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam  di atas petunjuk siapapun. Dan oleh karena ini mereka menamakan sebagai: Ahlul Kitab Wa Sunnah.

Sedangkan menamainya dengan Ahlul Jama’ah karena jama’ah adalah persatuan dan lawannya adalah firqoh (perpecahan). Dan sesungguhnya lafazh jama’ah terkadang bisa menjadi nama suatu kaum dalam masyarakat. Adapun ijma’ (konsensus) adalah pokok/landasan ketiga yang bersandar pada ilmu dan din.

Dan mereka menimbang dengan tiga landasan ini keseluruhannya terhadap apa saja perkataan dan perbuatan manusia secara lahir dan batin mengenai apapun yang dikaitkan dengan din. Sedangkan ijma’ (konsensus) yang kuat adalah yang sesuai dengan pendapat salafushaleh. Karena setelah masa mereka banyak terjadi perselisihan dan umat terpecah belah.
_________
[1] Hadits riwayat Abu Dawud no. 4607

[Diambil dari Majmu Fatawa Ibnu Taimiyyah, Kitab Mujmal I’tiqod as-Salaf]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: