"Aku tinggalkan kepada kalian dua perkara yang kalian tidak akan tersesat selamanya selama berpegang teguh dengan keduanya, Kitabullah dan Sunnah" (HR. Malik)

oleh: Syaikh ‘Abdur Rahman bin ‘Abdullah al Jibrin

Pertanyaan:

Bagaimana hukum orang yang membayar sejumlah uang karena terpaksa untuk mendapatkan pekerjaan atau mendaftarkan anak di sebuah perguruan tinggi dan lain sebagainya, yang susah untuk dicapai kecuali dengan menyerahkan sejumlah uang kepada para penanggung jawabnya. Apakah dalam keadaan demikian orang yang membayar berdosa?

Jawab:

Tidak boleh menyerahkan uang untuk mendapatkan pekerjaan atau sekolah di universitas. Karena, perguruan tinggi dan pekerjaan ditawarkan bagi siapa saja yang lebih cepat atau orang yang berhak karena lebih cepat mendaftar atau kualitas. Tidak boleh mengkhususkan penerimaan bagi orang yang menyerahkan uang, atau orang yang masih ada hubungan kekerabatan (dengan petugas). Pembayaran uang semacam ini disebut risywah (suap). Nabi telah melaknat orang yang menyuap dan orang yang disuap. Selain itu uang ini akan merusak pribadi orang-orang yang bertugas menyeleksi (merekrut) di kantor-kantor atau universitas. Karena kesempatan menjadi semakin terbatas, kecuali bagi orang yang mampu memenuhi pembayaran sesuai dengan permintaan.

Kewajiban para panitia, melaksanakan kewajiban sesuai dengan syarat-syarat dan ketentuan yang telah dicanangkan oleh pimpinan mereka, seperti mengutamakan orang-orang yang terbaik, para ahli di bidangnya, orang-orang yang lebih dulu, atau menggunakan undian bila memiliki kualitas sama. Dengan cara ini setiap muslim akan ridho dengan hasil (pengumuman), siapa yang berhak dan yang terlempar. Tidak ada unsur keterpaksaan dalam masalah ini.

Barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Allah akan membukakan jalan keluar baginya dan memberinya rizki dari arah yang ia tidak sangka-sangka. Wallahu a’lam.

[Dikutip dari Fatawa Ulama al Baladi al Haram, hlm. 547 dari Majalah As-Sunnah Edisi 05/Tahun X/1427H/2006M]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: